Kamis, 21 November 2013

PRINSIP-PRINSIP PEMBINAAN OSIS


Moh. Badrus Sholeh, M.Pd.I
1.       Normatif
Pengembangan program kegiatan OSIS di Madrasah seharusnya memperhatikan nilai-nilai Islami yang merupakan ciri khas madrasah. Ajaran Islam harus menjadi ukuran dan acuan dalam mengembangkan program kegiatan OSIS di Madrasah
2.       Mudah dan bermakna
Program kegiatan OSIS yang direncanakan seyogyanya mudah dilaksanakan, sederhana, teratur dan dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Selanjutnya kegiatan yang diprogramkan harus berdampak positif bagi peserta didik yang memungkinkan terjadinya perubahan pada sikap, perilaku dan perbuatanpesertadidik yang semakin cerdas secara intelektual, emosional, spiritual dan kinestetiknya

3.       Fleksibel dan berkesinambungan
Program kegaiatan OSIS yang kembangkan harus dinamis sehingga dapat menyesuaikan dengan situasi, kondisi dan fasilitas madrasah. Program kegiatan OSIS juga untuk kepentingan penyaluran bakat dan minta siswa secara berkesinambungan.
4.       Komprehensif
Pengembangan program kegiatan OSIS harus menyeluruh dan dapat diikuti oleh seluruh warga madrasah. Program kegiatan yang direncanakan memberikan keleluasaan kepada warga madrasah untuk mengikutinya.
5.       Kreatif dan menyenangkan
Program kegiatan OSIS menjadikan siswa sebagai subyek dan obyek kegiatan. Itu sebabnya pengembangan program kegiatan sedapatmungkin dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dikalangan peserta didik. Lebih dari itu agar program kegiatan dapat bermanfaat secara optimal maka kegiatan yang dirancang bisa membangkitkan keceriaan bagi peserta didik.
6.       Mengembangkan Bakat dan minat Siswa
Program kegiatan OSIS yang dikembangkan hendaknya memperhatikan potensi, minat dan bakat peserta didik. Hal ini dimaksudkan agar program kegiatan sekaligus sebagai penelusuran potensi minta dan bakat peserta didik.
7.       Akuntebel
Pengembangan program kegiatan OSIS harus dapat dipertanggungjawabakan berdasarkan aturan dan moral baik kepada warga madrasah maupun stakholder

1 komentar:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160k men and women are trying a simple and secret "water hack" to drop 1-2lbs each and every night while they sleep.

    It's painless and it works on anybody.

    This is how you can do it yourself:

    1) Take a glass and fill it up half full

    2) Proceed to follow this weight losing hack

    so you'll be 1-2lbs lighter the very next day!

    BalasHapus